Sabtu, 06 Agustus 2011

ZOOPLANKTON DAN FITOPLANKTON

Zooplankton Ini adalah hewan dan binatang plankton seperti. Mereka berbeda dalam ukuran, dengan ubur-ubur yang terbesar dari spesies. plankton Sebagian besar mikroskopis, tetapi mereka dapat tertangkap dengan menyeret plankton net melalui air. hari lebih lama menyebabkan peningkatan pesat dalam populasi plankton sehingga waktu terbaik untuk menangkap mereka adalah pada musim semi dan awal musim panas.

Ada dua kelompok zooplankton; The zooplankton sementara (juga disebut meroplankton) dan zooplankton permanen. Para zooplankton sementara adalah embrio ikan, kepiting, spons, kerang dan invertebrata lainnya. Jenis zooplankton menghabiskan bagian awal hidupnya mengambang dekat permukaan laut. Ketika mereka dewasa, mereka menetap ke bawah, di mana mereka berubah menjadi dewasa. Setelah dewasa theyre mereka tidak lagi dianggap sebagai bagian dari populasi plankton.

Zooplankton yang permanen adalah mereka spesies yang tetap dalam populasi plankton sepanjang siklus seumur hidup mereka. Beberapa jenis zooplankton permanen foraminiferan (artinya "lubang-bearing"), radiolaria dan copepoda (yang paling banyak).

Plankton adalah sumber makanan penting. Beberapa spesies ikan paus plankton filter keluar dari air, yang disebut makan filter. The udang krill bahwa paus di Antartika makan sedang dipertimbangkan sebagai sumber makanan potensial bagi manusia. Moluska (seperti remis, kerang, tiram, dan kerang) juga pakan filter. Udang adalah binatang lain yang memakan plankton. Beberapa pakan ikan kecil yang baru menetas langsung pada plankton sampai mereka cukup besar untuk makan organisme lain. Dalam rantai makanan di laut, setiap organisme berfungsi sebagai makanan bagi orang lain, tetapi bentuk plankton dasar itu semua

Zooplankton, bentuk hewan plankton, termasuk protozoa, krustasea kecil, ubur-ubur dan cacing. Protozoa adalah organisme bersel tunggal yang dapat menjajah, mereka dapat hidup di lautan, danau garam, danau air tawar, sungai dan kolam dan bervariasi dalam ukuran untuk 2-70 mikrometer dan bahkan lebih besar. Krustasea adalah invertebrata yang hidup di air maupun di tanah dan dapat bervariasi dari mikroskopis untuk enam puluh sentimeter. rezeki Zooplanktons utama adalah bakteri dan fitoplankton, membuat mereka link kedua pada rantai makanan (Vegas).

Pakan zooplankton off Fitoplankton, membuat mereka link kedua dalam rantai makanan di laut. Zooplankton kemudian dimakan oleh krill, ikan dan krustasea yang lebih besar. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang zooplankton memainkan peran dalam rantai makanan kita, kepala ke Marine halaman Rantai Makanan.

Agar zooplankton untuk memiliki akses yang mudah ke sumber makanan mereka, mereka harus berlokasi dekat fitoplankton. Karena fitoplankton perlu memiliki akses ke sinar matahari untuk berfotosintesis, mereka harus dekat permukaan air. Zoplankton juga membutuhkan zat besi dalam diet mereka. Jadi, yang juga dimana zooplankton dapat ditemukan; atas 100 meter dari air tepatnya. Sama seperti fitoplankton, zooplankton tidak bisa berenang, melainkan mereka hanya mengapung bersama arus, pasang surut dan dan angin. Perbedaan antara gerakan fitoplankton dan zooplankton adalah zooplankton yang sering dapat berat badan terlalu banyak untuk hanya mengapung di sepanjang, seperti fitoplankton, sehingga mereka menggunakan paku untuk distribusi berat (Microsoft Encarta Encyclopedia).

Penelitian telah dilakukan yang bisa membuktikan plankton sendiri merupakan sumber makanan yang baik bagi manusia. Ide ini dapat dikreditkan seorang ilmuwan dan penulis Norwegia, Thor Hayerdahl, yang melakukan perjalanan dari Peru ke Polinesia pada rakit. Selama perjalanan, ia menemukan bahwa zooplankton dibuat (lihat bagian bawah halaman ini) "makan yang baik." Penelitian lebih lanjut telah dilakukan untuk membuktikan plankton merupakan sumber protein yang baik dan karbohidrat. (Vegas). Karena banyak, mudah dipanen dan murah, itu adalah kemungkinan yang baik untuk masa depan.


Fitoplankton

Diatom adalah salah satu jenis yang paling umum fitoplankton.

Fitoplankton adalah komponen autotrophic komunitas plankton. Nama berasal dari kata Yunani ????? (phyton), yang berarti "tanaman", dan ???????? (planktos), yang berarti "pengembara" atau "gelandangan". [1] Sebagian besar fitoplankton terlalu kecil untuk secara individual dilihat dengan mata telanjang. Namun, ketika hadir dalam jumlah cukup tinggi, mereka mungkin muncul sebagai warna hijau dari air karena keberadaan klorofil dalam sel mereka (walaupun warna sebenarnya dapat bervariasi dengan jenis fitoplankton hadir karena berbagai tingkat klorofil atau kehadiran pigmen aksesori seperti phycobiliproteins, xanthopil, dll).
Isi
[Hide]

[Sunting] Ekologi
Fitoplankton merupakan dasar dari rantai makanan laut.
Ketika dua arus (dalam hal ini Oyashio dan arus Kuroshio) bertabrakan, mereka menciptakan pusaran. Fitoplankton menjadi terkonsentrasi di sepanjang batas-batas pusaran ini, menelusuri dari gerakan air.

Fitoplankton memperoleh energi melalui proses fotosintesis dan karena itu harus hidup di lapisan permukaan yang cukup terang (disebut zona euphotic) dari laut, laut, danau, atau badan air lainnya. . Akun Fitoplankton selama setengah dari semua aktivitas fotosintesis di Bumi [2] Dengan demikian fitoplankton bertanggung jawab untuk banyak oksigen yang ada di atmosfer bumi -. Setengah dari jumlah total yang dihasilkan oleh semua tanaman hidup [3] kumulatif mereka energi fiksasi dalam senyawa karbon (produksi primer) adalah dasar bagi sebagian besar samudera dan juga jaring makanan banyak air tawar (kemosintesis adalah pengecualian). Sejak abad ke-20, fitoplankton telah menurun sekitar 1% per tahun, mungkin terkait dengan suhu samudera pemanasan -. Sebagai tahun 2010 ini berarti penurunan sebesar 40% dibandingkan dengan 1950 [4] [5] Sebagai catatan, salah satu yang lebih rantai makanan di laut yang luar biasa - luar biasa karena sejumlah kecil link - adalah bahwa dari krill makan fitoplankton (sejenis udang) makan paus balin.

Fitoplankton juga krusial tergantung pada mineral. Ini adalah terutama macronutrients seperti nitrat, fosfat atau asam silikat, yang ketersediaannya diatur oleh keseimbangan antara pompa biologis apa yang disebut dan upwelling dari dalam, perairan yang kaya nutrisi. Namun, di seluruh kawasan besar dari Samudra Dunia seperti Samudera Selatan, fitoplankton juga dibatasi oleh kurangnya mikronutrien zat besi. Hal ini menyebabkan beberapa ilmuwan menganjurkan pemupukan besi sebagai alat untuk melawan akumulasi karbon dioksida yang dihasilkan manusia (CO2) di atmosfer [6] percobaan skala besar telah menambahkan besi. (Biasanya garam seperti sulfat besi) ke lautan untuk meningkatkan pertumbuhan fitoplankton dan menarik CO2 di atmosfer ke laut. Namun, kontroversi tentang memanipulasi ekosistem dan efisiensi pemupukan besi telah melambat eksperimen tersebut. [7]

Sementara hampir semua jenis fitoplankton yang photoautotrophs wajib, ada beberapa yang spesies non-berpigmen mixotrophic dan lainnya, yang sebenarnya heterotrofik (yang terakhir ini sering dipandang sebagai zooplankton). Dari jumlah tersebut, yang paling dikenal adalah genera dinoflagellata seperti noctiluca dan Dinophysis, yang memperoleh karbon organik oleh menelan organisme lain atau bahan detrital.

Istilah ini fitoplankton mencakup semua mikroorganisme photoautotrophic dalam jaring makanan akuatik. Fitoplankton berfungsi sebagai dasar dari jaring makanan akuatik, memberikan fungsi ekologis penting bagi semua kehidupan air. Namun, tidak seperti masyarakat daratan, di mana sebagian besar autotroph tanaman, fitoplankton adalah kelompok beragam, menggabungkan eukariota protistan dan kedua prokariota eubacterial dan archaebacterial. Ada sekitar 5.000 jenis fitoplankton laut. [8] Ada ketidakpastian dalam bagaimana keanekaragaman tersebut telah berkembang dalam lingkungan di mana kompetisi hanya untuk beberapa sumber daya yang terbatas akan menyarankan potensial untuk diferensiasi niche. [9]

Dalam hal jumlah, kelompok yang paling penting dari fitoplankton meliputi diatom, cyanobacteria dan dinoflagellata, meskipun banyak kelompok lain ganggang yang diwakili. Satu kelompok, coccolithophorids, bertanggung jawab (sebagian) untuk membebaskan sejumlah besar dimetil sulfida (DMS) ke atmosfer. DMS diubah menjadi sulfat dan molekul-molekul sulfat bertindak sebagai inti kondensasi awan, meningkatkan awan umum penutup. Di daerah kelautan oligotrophic seperti Laut Sargasso atau Pasifik Selatan pilin, fitoplankton didominasi oleh sel-sel berukuran kecil, picoplankton disebut, sebagian besar terdiri dari cyanobacteria (Prochlorococcus, Synechococcus) dan picoeucaryotes seperti Micromonas.
[Sunting] Budidaya
Diagram dari beberapa fitoplankton yang khas.
Artikel utama: Algaculture

Fitoplankton adalah item makanan kunci dalam kedua akuakultur dan budidaya. Kedua memanfaatkan fitoplankton untuk memberi makan binatang ditanami. Dalam budidaya, fitoplankton adalah alami dan dimasukkan ke dalam kandang dengan sirkulasi normal air laut. Dalam akuakultur, fitoplankton harus diperoleh dan diperkenalkan secara langsung. plankton yang bisa dikumpulkan dari badan air atau budidaya, meskipun dengan metode sebelumnya jarang digunakan. Fitoplankton digunakan sebagai foodstock untuk produksi rotifera [10], yang pada gilirannya digunakan untuk memberi makan organisme lain. Fitoplankton juga digunakan untuk memberi makan banyak jenis moluska akuakultur, termasuk kerang mutiara dan kima raksasa.

Produksi fitoplankton dalam kondisi buatan sendiri merupakan bentuk akuakultur. Fitoplankton adalah dibudidayakan untuk berbagai tujuan, termasuk foodstock untuk organisme akuakultur lain [10], suplemen gizi untuk invertebrata tawanan di akuarium. Budaya ukuran berkisar dari budaya laboratorium skala kecil kurang dari 1L untuk beberapa puluh ribu liter untuk budidaya komersial [10]. Terlepas dari ukuran budaya, kondisi tertentu harus disediakan untuk pertumbuhan plankton efisien. Mayoritas plankton budidaya adalah laut, dan air laut dari berat jenis 1,010-1,026 dapat digunakan sebagai media kultur. air ini harus disterilkan, biasanya dengan baik suhu tinggi dalam autoclave atau dengan paparan radiasi ultraviolet, untuk mencegah kontaminasi biologis budaya. Berbagai pupuk ditambahkan ke budaya media untuk memfasilitasi pertumbuhan plankton. budaya A harus aerasi atau gelisah dalam beberapa cara untuk menjaga plankton ditunda, serta memberikan dilarutkan karbon dioksida untuk fotosintesis. Selain aerasi konstan, budaya sebagian besar secara manual dicampur atau diaduk secara teratur. Cahaya harus disediakan untuk pertumbuhan fitoplankton. Suhu warna pencahayaan harus sekitar 6.500 K, tetapi nilai-nilai dari 4.000 K ke atas dari 20.000 K telah digunakan dengan sukses. Durasi pemaparan cahaya harus sekitar 16 jam sehari, ini adalah hari yang paling efisien panjang buatan [10]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar